Sunday 23 December 2018

Celah Pak Jonan


_*Sungguh luar biasa Pak Jonan*_

Indonesia sedang bergembira ria atas pelunasan divestasi 51,23% saham PT Freeport Indonesia. Indonesia sedang merayakan penguasaan lebih besar atas saham tambang emas terbesar di dunia itu. Walau pun – karena dinamika dan pilihan politik – banyak yang tidak ikut bergembira bersama warga negara yang waras. Ada kritik pedas dari Fadli Zon, Fahri Hamzah, Rachel, dan lain-lain dari kubu Prabowo dan SBY. Tetapi tidak demikian dengan Dahlan Iskan, mantan Menteri ESDM era SBY.
Demikian petikan analisa dan pujian Dahlan Iskan terhadap pemerintah, Jonan, dan kementerian lainnya.

"Celah itulah.
Tidak ada yang bisa melihatnya. Selama ini. Tidak juga saya. Hanya orang seperti Jonan yang berhasil mengintipnya. Yang justru menteri ESDM yang tidak ahli tambang itu.
Lewat celah itulah negosiasi bisa mendapat jalannya. Didukung oleh kedipan-kedipan mata. Dari dua wanita kita: Menteri Keuangan Sri Mulyani. Lewat celah perpajakan. Dan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. Lewat kerusakan alam.
Sudah sejak kapan pun. Kita ingin Freeport dikuasai bangsa. Tapi selalu tersandung batu: perjanjian yang tidak bisa dilanggar begitu saja.
Kalau pun selama ini salah: itu karena tidak ada yang bermata sejeli Jonan. Dalam melihat celah tersembunyi itu.
Mungkin saja pandangan mata itu seperti hati. Bisa memandang jauh. Kalau kondisinya bersih. Bersih mata. Bersih hati. Bersih kepentingan.
Dalam proses Freeport ini memang luar biasa. Menteri ESDM-nya, Jonan, bukan ahli tambang. Ia justru orang keuangan. (Dahlan Iskan, JPNN)

Dahlan memuji kejelian Jonan melihat celah untuk menguasai Freeport yang dia sendiri tidak mampu melihatnya. Ini adalah pengakuan yang jujur menurut pengamatan saya. Memang cukup mengherankan bahwa Jonan, yang latar belakangnya bukan pertambangan, justru mampu melihat celah itu.
Yang lebih menarik Dahlan mengungkapkan bahwa hanya mereka yang mata, hati, dan kepentingannya bersih mampu melihat celah itu dan memanfaatkannya semaksimal mungkin. Ini mengindikasikan bahwa pada zamannya selain tidak sanggup melihat celah juga tidak bersih dari kepentingan. Sebab sudah sejak lama Indonesia ingin menguasai Freeport tetapi terpenjara perjanjian yang tak bisa dilanggar begitu saja.
Pengakuan Dahlan Iskan ini juga dengan tegas membantah tuduhan-tuduhan tak berdasar dari kelompok oposisi yang tetap menyalahkan pemerintah. Mereka malah menganggap penguasaan 51,23 % saham Freeport sebagai keputusan sontoloyo dan lain sebagainya tanpa mampu mengapresiasi sedikit pun.
Dahlan juga menyatakan bahwa selama ini Indonesia salah berhadapan dengan Freeport. Pejabat Indonesia tidak mampu mencari celah atau lebih tepat kalau dikatakan tidak mau bekerja lebih keras lagi. Mungkin karena mereka tidak bersungguh-sungguh. Ya itu tadi, tidak bersih dari kepentingan-kepentingan.
Perjanjian Indonesia dengan Freeport juga merugikan Indonesia. Indonesia tidak bisa berbuat apa-apa berhadapan dengan Freeport selama ini. Bahkan perjanjian yang ditandatangani SBY hanya beberap waktu sebelum masa pemerintahannya berakhir ikut serta menyulitkan pemerintahan Jokowi berhadapan dengan Freeport. Tetapi ya sudahlah, mungkin begitulah dulu keadaannya.
Yang aneh sebenarnya, Dahlan tidak menyebut sekali pun nama Sudirman Said yang menjabat sebagai Menteri ESDM sebelum Jonan. Ini cukup unik. Dia menyebut mulai dari SBY sampai direktur Inalum, tetapi tidak menyebutkan peranan Sudirman Said. Apakah karena memang Sudirman tidak punya andil apa-apa atau karena lupa, hanya Dahlanlah yang tahu.
Tentu juga memang harus diakui bahwa bukan hanya Jonan, melainkan kekompakan jajaran Jokowi secara bahu-membahu mampu melanggengkan rencana divestasi 51,23% saham Freeport. PT Inalum juga memiliki peran sangat penting yang dibawahi kementerian BUMN dengan kordinasi dengan kementerian keuangan dan kementerian lingkungan hidup. Jadi ada empat kementerian ambil bagian dalam pencapaian ini yaitu, ESDM, Keuangan, BUMN, dan Lingkungan hidup tanpa menafikan dukungan dari berbagai lembaga dan termasuk rakyat Indonesia bagian bumi bulat.
Terakhir harus diakui bahwa kepemimpinan Jokowi memang telah mengubah mental para menterinya. Tanpa pemimpin yang punya leadership yang baik mustahil bawahan akan mengikuti instruksi secara baik. Hasilnya pun akan mengecewakan.
Oh iya, kenapa nama Prabowo tidak disebut? Karena Prabowo hanya orang yang bermimpi berkuasa tapi tidak punya anu…..